Jumat, 02 Juni 2017

5 tempat wisata yang ingin saya kunjungi

Assalamualaikum wr.wb

Tempat wisata

1.Raja Ampat

Hasil gambar untuk artikel raja ampat


Daerah Raja Ampat merupakan daerah kepulauan, dengan satu - satunya sarana transportasi yang bisa digunakan oleh masyarakan sekitar adalah transportasi angkutan laut. Transportasi ini digunakan baik untuk menjangkau ibu kota kabupatennya ( Waisai ) ataupun sebaliknya. Dengan empat pulau utama yang berada dikawasan ini menjadikan keunikan tersendiri bagi Anda yang melancong ke destinasi wisata Raja Ampat. empat pulau yang dimaksutkan adalah Batanta, Misool, Salawati dan Waigeo. Sebutan atau nama dari Raja Ampat sendiri diambil dari mitos penduduk sekitar yang apabila diartikan kedalam bahasa indonesia mempunyai makna Empat Raja.

Para wisatawan yang berasal dari penjuru dunia sengaja datang objek wisata di Papua ini untuk menikmati keindahan pulau dan keunikan wisata bawah lautnya, serta menjelajahi dinding - dinding bawah laut dengan cara menyelam. Disini wisatawan juga bisa mengarungi gugusan kepulauan besar dan kecil, pegunungan, hutan tropis, untaian karang laut, pantai pasir putih serta keaneka ragaman kehidupan satwa yang ada di kawasan wisata Raja Ampat.

2.Gunung Bromo


Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata. Tempat wisata alam ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di timur kota Malang, Jawa Timur. Gunung Bromo berasal dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuna yaitu Brahma, yang merupakan salah seorang Dewa Utama Hindu, Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Beberapa jenis tumbuhan yang terdapat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru antara lain jamuju (Dacrycarpus imbricatus), cemara gunung (Casuarina sp.), eidelweis (Anaphalis javanica), berbagai jenis anggrek dan jenis rumput langka (Styphelia pungieus). Terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptilia di taman nasional ini. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut.


3.Green Cayon

Hasil gambar untuk green canyon


Asal mula nama green canyon sendiri adalah dari seorang turis perancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini di karenaka air wisata alam cukang taneuh yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing yang membuat popular dengan nama green canyon.


Bagi penduduk sekitar Cukang Taneuh memiliki arti jembatan tanah. Hal ini karena ada sebuah jembatan yang terbuat dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun dan persawahan mereka.

Lokasi Dan Rute Menuju Green Canyon Pangandaran

Secara administratif surga tersembunyi di jawa barat ini berada di desa kertayasa kec cijulang, kab ciamis, Provinsi jawa barat. Jarak wisata alam green canyon dengan pusat kota pangandaran adalahs ekitar 27 km dengan waktu tempuh 45 menit dengan kendaraan pribadi.Rute green canyon menuju wisata alam pangandaran sendiri cukup mudah. Perjalanan di mulaid ari kota pangandaran menuju ke arah kecamatan cijulang dengan melewati jalan raya cijulang parigi. Setelah samapi di cijulang. ambil kanan di bunderan cijulang. Pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah ke arah green canyon.Rute kedua adalah jika pengunjung memulai perjalanan dari kota ciamis. Jika anda menggunakan kendaraan sendiri rute yang di lewati Melalui kota tasik – ciamis – kota banjar – pangandaran – parigi lalu cijulang. jalur akses menuju green canyon pangandaran dari kota ciamis ini berjarak kurang lebih 170 km.

Fasilitas Di Wisata Alam Green Canyon

Fasilitas di wisata alam green canyon cukup lengkap. disana sudah terdapat penyewaan perahu took-took , toko souvenir seperti kaos dengan gambar atau tulisan green canyon pangandaran ,gantungan kunci, sandal ,dan juga sudah terdapat toilet dan tempat parkir aygn luas dan aman.

Jika pengunjung akan menginap di wisata alam green canyon, disana sudah terdapat beberapa penginapan, hotel dan losmen murah, Tinggal pintar-pintar saja memilih penginapan. Di sana juka di ada tukang ojek dan becak yang siap mengantar anda menuju penginapan atau hotel.

Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena akomodasi makanan hanya ada di pintu masuk green canyonbsaja . dan gunakan sepatu yang nyaman khusus untuk kegiatan outdoor karena bebatuan di sekitar green canyon pangandaran cukup licin.


4.Hutan Kayan Mentarang

Hasil gambar untuk hutan kayan mentarang


Menurut Indonesia.Travel, Taman Nasional Kayan Mentarang adalah hutan primer dan sekunder terbesar, yang meliputi wilayah seluas 1.360.500 hektar. Taman ini terletak di Bulungan, Kalimantan Timur, Indonesia, dengan cuaca lembab dan suhu sekitar 16 ° C – 30 ° C. Taman Nasional ini memiliki ketiggian 200 – 2258 meter di atas permukaan laut dan memiliki sekitar 3.100 mm curah hujan per tahun.

Karena lokasi geografis, taman nasional ini diberkati dengan berbagai keanekaragaman hayati, mulai dari daerah dataran hutan hujan tropis sampai di daerah pegunungan, yang menjadi kepompong untuk berbagai jenis tumbuhan dan hewan langka.


Beberapa tumbuhan yang dapat ditemui di hutan ini:

• Pulai (Alstonia scholaris)

• Jelutung (Dyera costulata)

• Ramin (Gonystylus bancanus)

• Agathis (Agathis borneensis)

• Kayu ulin (Eusideroxylon zwageri)

• Rengas (Gluta walichii)

• Gaharu (Aquilaria malacensis)

• Aren (Arenga pinnata)

• Berbagai macam anggrek

• Palem hutan

• Kantong semar


Menariknya, masih banyak tumbuhan yang belum teridentifikasi, dan dianggap baru di Indonesia. terdapat 100 spesies mamalia (15 jenis diantaranya endemik), 8 jenis primata, lebih dari 310 jenis burung, dan 28 jenis diantaranya adalah endemik Kalimantan dan telah didaftarkan oleh ICBP (Komite Internasional untuk perlindungan burung) karena merupakan spesies yang terancam punah.

Beberapa hewan yang hampir punah:

• Macan dahan (Neofelis nebulosa)

• Beruang madu (Helarctos malaynus euryspilus)

• Lutung dahi putih (Presbytis frontata frontata)

• Banteng (Bos javanicus lowi)

Ada sekitar 20.000 – 25.000 orang suku Dayak, yaitu Dayak Kenyah, Punan, Lun Daye, dan Lun Bawang, tinggal di sekitar taman nasional ini. Mereka hidup berdampingan dengan lingkungannya dalam referensi pengetahuan lokal dan kesederhanaan. Keunikan itu terlihat dalam cara mereka melestarikan keanekaragaman alam. Banyak jenis warisan arkeologi seperti tempat pemakaman dan peralatan batu kuno dapat ditemukan di Taman Nasional ini. Diperkirakan bahwa Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan salah satu situs arkeologi utama di Kalimantan.

5.Bukit Pergasingan






Bukit Pergasingan yang ada di Lombok ini memang menawan. Apalagi biasanya bukit keren yang satu ini dimanfaatkan sebagai salah satu tempat pemanasan sebelum naik ke Gunung Rinjani. Atau bisa juga sebagai alternatif pendakian jika misalnya jalur pendakian Gunung Rinjani sedang ditutup.

Memang dari bukit dengan ketinggian 1700 mdpl ini, Gunung Rinjani terlihat kokoh berada di dekatnya. Jadi, untuk yang belum bisa naik ke Gunung Rinjani, mendaki bukit pergasingan bisa menjadi obat yang ampuh sebelum merengkuh puncak rinjani yang sebenarnya.

Bukit Pergasingan ini letaknya tak jauh dari Gunung Rinnjani, tepatnya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika kalian ingin menuju kebukit ini, waktu yang ditempuh untuk menuju Desa Sembalun dari Kota Mataram sendiri bisa ditempuh selama sekitar 2-3 jam.

Sesampainya disana, kalian akan disambut tulisan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan”. Tak berapa lama dari pintu masuk tadi, baru titik pendakian ke Bukit Pergasingan dimulai.

Pendakian tak sesulit seperti pendakian di gunung, meskipun kalian harus tetap berhati-hati ketika naik. Menuju puncak bukit, kalian akan dimudahkan dengan keberadaan anak tangga yang berjumlah ratusan buah, baru kemudian mendaki melewati jalur tanah berbatu. Berhati-hatilah, karena jalur dengan kemiringan berkisar 60-70 derajat akan menyambut kalian dengan penuh tantangan.

O iya, Dari Desa Sembalun Lawang, kalian bisa menuju pintu rimba dengan berjalan kaki atau bisa juga menggunakan ojek motor. Alternatifnya kalian bisa menyewa mobil pickup dari penduduk setempat. Pun akan lebih gampang jika kalian membawa kendaraan pribadi.

Untuk memulai petualangan di Bukit Pergasingan, kalian nanti harus membayar tiket masuk sebesar IDR 15.000 kepada pengelola Bukit Pergasingan. Tiketnya nggak terlalu mahal, apalagi hasil dari penjualan tiket akan digunakan dengan bermanfaat.

Pengelola wisata baru di Lombok ini adalah para pemuda setempat yang tergabung dalam Sembalun Development Community Centre (SCDC). Nantinya uang tiket kalian akan dipergunakan dengan bijak untuk menjaga kelestarian bukit agar tetap terawat.

Bukit ini bisa dibilang salah satu tempat wisata yang keren di Lombok. Karena pemandangan yang bisa dilihat sepanjang pendakian hinggga sampai puncak bukit amat beragam. Misalnya yang paling keren adalah pemandangan persawahan yang membentuk pola kotak-kotak, Gunung Rinjani yang kokoh, pemukiman Desa Sembalun yang tenang, hingga lanskap perbukitan yang begitu indah.

Itulah tempat wisata yang ingin saya kunjungi,Sekian terima kasih :)

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar